Launching Gerakan Tanam, Wakil Bupati Simalungun lakukan tanam padi perdana di Nagori Silau Malaha

Simalungun, Metrodua.news – Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi melakukan tanam padi perdana dalam rangka Launching Gerakan Tanam, untuk mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan Nasional Tahun 2024 di Kabupaten Simalungun wilayah Kodim 0207/SML.

Tanam perdana padi sawah tersebut berlangsung di lahan pertanian padi sawah milik warga Nagori Silau Malaha Kecamatan Siantar, Simalungun, Sumateta Utara, Selasa (2/4/2024).

Dalam melakukan tanam perdana tersebut, Wakil Bupati didampingi oleh Danrem 022/PT Kolonel Inf Agustatius Sitepu, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Slamet Faozan, KPw (Kepala Perwakilan) BI Pematang Siantar Muqorrobin, Koordinator PT Bank Sumut Pematangsiantar Suhardi Sembiring.

Launching Gerakan Tanam tersebut juga dalam rangka mendukung Program percepatan Upaya Penanganan Khusus (UPSUS) Padi dan jagung di Kabupaten Simalungun, serta upaya mendukung pelaksanaan Pengaturan Pola Tanam dan Tertib tanam(P2T3) Serentak.

Kegiatan ini mengangkat tema “Sinergitas aparat teritorial dengan Masyarakat Bersatu dengan alam Mewujudkan Sistem pertanian terpadu sesuai tipologi Wilayah guna pendukung Pemerintah Dalam rangka ketahanan pangan Nasional”.

Gerakan Tanam ini disambut dengan gembira oleh Pemkab Simalungun, dimana pelaksana launching Gerakan Tanam diatas hamparan seluas 140 HA tanaman padi, jagung seluas 50 HA, dan kepada 10 Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan).

Dalam Kesempatan tersebut Wakil Bupati menyampaikan bahwa Kabupaten Simalungun merupakan salah satu kabupaten sentra Komoditi Tanaman Pangan, dan juga salah satu lumbung beras di Sumatera Utara.

“Untuk dapat mencapai target tersebut di perlukan sarana dan prasarana pendukung seperti irigasi, tersedia benih unggul, bantuan pupuk, Pembangunan jalan Pertanian dan sarana pendukung lainnya,”ucap wakil.

Komentar