Novita Hardini Dampingi Masyarakat Perangi Stunting, Momen Hari Ulang Tahunya

Trenggalek,Metrodua.com – Menjadi salah satu lokasi fokus (lokus) stunting, Kecamatan Suruh mulai jalankan program Putri Lintas Selatan sebagai upaya menekan angka kasus gagal tumbuh pada anak. Program tersebut diharapkan dapat mendorong Kecamatan Suruh bisa bebas stunting.

Putri Lintas Selatan sendiri merupakan program peduli lingkungan serta calon pengantin, ibu hamil, serta ibu bersalin tuntaskan dan selamatkan balita dari stunting. Program tersebut diluncurkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek di Balai Desa Nglebo Kecamatan Suruh, Senin (22/11/2021).

“Saat ini ada tiga kecamatan yang masih zona kuning, kita akan terus bekerja keras, dengan melaunching program ini lambat laun kita harapkan bisa menurunkan angka stunting,” harap Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek Novita Hardini saat meluncurkan program tersebut.

“Kegiatan hari ini salah satu upaya program inovasi yang kita sebut Putri Lintas Selatan, kita melakukan pendampingan ke-Kecamatan Suruh, tentunya senang Tim Penggerak PKK bisa mendampingi Kecamatan Suruh menjadi zero stunting,” imbuhnya.

Meskipun dari tahun ke tahun kasus stunting di Trenggalek mengalami penurunan, namun menurut Novita hal itu bukan berarti sudah sesuai target yang ditentukan Pemerintah Pusat. Menurutnya, masih perlu untuk terus bekerja keras dengan harapan semoga di tahun depan bisa zero stunting.

Di samping pemberdayaan perempuan dan kelompok rentan, sebagai istri Bupati Trenggalek, Novita juga cukup serius dalam memerangi stunting di daerahnya. Bahkan tepat di hari ulang tahunnya kali ini, Novita memilih turun langsung mendampingi masyarakat perangi stunting.

Selain meluncurkan program Putri Lintas Selatan, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan serangkaian bakti sosial serta demo memasak olahan ikan. Seperti diketahui, ikan kaya akan kandungan gizi yang tentunya sangat baik untuk pemenuhan gizi keluarga.

Melalui demo memasak olahan ikan tersebut, tentu diharapkan para ibu dapat berkreasi dengan berbagai resep makanan sehingga keluarga tidak jenuh ketika harus makan ikan setiap hari. Sehingga kebutuhan gizi dalam keluarga ikut terpenuhi ungkapnya. (Sahr/sae).

Komentar