Tindaklanjut Rencana Pembangunan Pusat Ekonomi di Pesisir Utara, Pemkab Bekasi Kunjungi Bappeda Jabar

Bandung, Metrodua.news –  Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan bersama jajaran kepala perangkat daerah terkait mengunjungi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat dalam Rapat Konsultasi Rencana Pengembangan Pusat Kegiatan Ekonomi di Kawasan Pesisir Utara Kabupaten Bekasi. Bertempat di Kantor Bappeda Provinsi Jawa Barat, Bandung, pada Kamis (18/4/2024).

Pada kesempatan tersebut, Dani memaparkan kembali terkait rencana Pemerintah Kabupaten Bekasi di Kawasan Pesisir Pantai Utara untuk mengembangkan ekonomi dalam sektor industri maritim dan berupaya menjadi Usulan Proyek Strategis Nasional (PSN), setelah sebelumnya dilakukan rapat konsultasi bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Ia menyatakan, rencana pengembangan didasari oleh beberapa isu strategis yang terjadi di wilayah Kabupaten Bekasi, diantaranya kemiskinan ekstrem, pengangguran dan masalah sosial, kualitas nilai kehidupan dan daya saing SDM, abrasi dan land subsidence Pantai Utara, pengembangan infrastruktur dan penyelesaian status tanah.

“Rencana pengembangan ekonomi yang akan dibangun oleh Pemkab Bekasi ini sekaligus akan menjadi usulan PSN, sehingga beberapa isu strategis yang terjadi bisa segera terselesaikan,” ucapnya.

Dani juga menjelaskan, kondisi abrasi saat ini di Pantai Utara diprediksi akan semakin cepat dan di tahun 2045 lebih dari 50 persen luasan Kecamatan Muaragembong tergenang air laut. Selanjutnya kondisi eksisting kawasan hutan tidak lagi berupa hutan, namun mayoritas beralih fungsi menjadi lahan tambak dan pertanian, Kawasan Pantai Utara memiliki resiko tinggi terhadap banjir rob, dan lainnya.

Mengusung konsep waterfront city dan sponge city bernuansa lingkungan, kelebihan yang akan didapatkan yakni wilayah tersebut diharapkan masuk dalam kawasan aglomerasi Jabodetabekpunjur. Kawasan tersebut dijelaskan Dani, memiliki pangsa pasar cukup besar serta memiliki peran strategis dalam mendukung pengembangan Megapolitan baik dari sisi ekonomi, lingkungan, dan sosial.

Komentar