Pemkab Bekasi Anggarkan Perbaikan Turap Cipamingkis

Bekasi, Pemerintahan1224 Dilihat

Kabupaten Bekasi, Metrodua.news – Pemerintah Kabupaten Bekasi segera memperbaiki bantaran sungai Cipamingkis di Kecamatan Cibarusah yang mengalami longsor pada pertengahan tahun 2023 lalu. Adapun anggaran yang akan digunakan untuk perbaikan tersebut berasal dari dana bagi hasil pajak Provinsi Jawa Barat tahun 2024 untuk Kabupaten Bekasi yang mengalami peningkatan.

“Ternyata bagi hasil pajak dari Provinsi masih bertambah, nah ini bisa kita tambahkan kegiatan yaitu perbaikan turap sungai Cipamingkis yang ambrol jalannya karena pinggir sungai terkikis, jadi kita perbaiki tahun depan,” kata Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan, usai menghadiri Rapat Kerja Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Bekasi, bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat, Kamis (28/12/2023).

Dijelaskannya, bahwa sungai Cipamingkis dan sungai Cibeet berasal dari Daerah Aliran Sungai (DAS) yang sama dan belum memiliki bendungan. Ketika curah hujan sedang tinggi, permasalahan debit air yang tinggi sering kali muncul dan menyebabkan tergerusnya bantaran sungai hingga terjadi longsor.

“Cipamingkis termasuk yang sungai Cibeet juga masih satu DAS yang memang salah satu sungai yang belum ada bendungannya. Permasalahannya ketika curah hujan tinggi, maka debit airnya sangat besar,” jelasnya.

Dengan anggaran yang ada itu, nantinya Pemkab Bekasi akan berfokus pada pembangunan turab penyangga guna menghindari terulangnya bencana longsor di bantaran sungai Cipamingkis. Ia berharap pembangunan turab tersebut sudah dapat dimulai pada awal tahun 2024 mendatang.

“Memang turab penyangganya yang akan kita bangun. Selama turabnya belum diperbaiki itu akan terus membesar. Jadi Cipamingkis kita targetkan pengerjaannya di awal tahun depan,” ujarnya.

Komentar