Melalui Event F1H2O dan Aquabike Tingkatkan Ekonomi dan Menarik Investor ke Danau Toba

Kabupaten Toba, Metrodua.news – Kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara ditarget meningkat ke Danau Toba pasca penetapan Danau Toba sebagai Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Meski begitu, peningkatan ini diharapkan bukan hanya saat event F1H2O dan Aquabike.

Hal itu disampaikan Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarves Rustam Efendi saat konfrensi pers di Media Center F1H2O pada Minggu (3/3/2024) sore.

“Jadi bagaimana kita dapat menggelar event di sela dua event ini, F1 Powerboat dan Aquabike Jetski,” katanya menjelaskan soal bagaimana cara merawat kunjungan wisata ke Danau Toba.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo mengatakan bahwa sebenarnya peningkatan kunjungan wisata akan berbanding lurus dengan penguatan akomodasi di daerah. Karena ini dirinya berharap event internasional ini akan menarik investor ke Danau Toba untuk mendukung kemajuan pariwisata Danau Toba.

“Mei ini juga akan diadakan Rally di Caldera Toba. Jadi ini akan terus berlanjut untuk semakin memperkenalkan Danau Toba. Tetapi memang harus berbanding lurus dengan peningkatan akomodasi di sini,” katanya.

Selain soal peningkatan kunjungan wisata yang berdampak pada peningkatan ekonomi, F1H2O juga diharapkan akan melahirkan riders Indonesia yang akan menjadi peserta bahkan jadi juara dunia.

“Ini juga sudah kita diskusikan. Jadi ternyata pilot, pembalap motor cross akan lebih mudah melatihnya untuk menjadi pebalap F1 Power Boat ini,” kata Dito.

“Jadi Danau Toba ini harus jadi pusat olah raga air,” katanya melanjutkan.

Event F1 Power Boat telah usai digelar di Venue, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada Minggu (3/3/2024) siang. Lomba balap motor air ini dimenangkan oleh Rusty Wyatt dari Sharjah Team, peringkat ke dua direbut oleh Erik Stark dari Victory Team sementara peringkat tiga dimenangkan oleh Jonas Andersson dari Binh Dinh Vietnam.

Komentar